Inilah Solusi tepat Untuk Anda Si Insomnia
Sumber: sister.co.id

Solusi Sehat / 19 June 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Solusi tepat Untuk Anda Si Insomnia

Budhi Marpaung Official Writer
4396

Mengalami kesulitan tidur ? Atau sudah melakukan berbagai cara agar Anda dapat terlelap di malam hari tapi tetap tidak bisa ? Jangan lantas berputus asa. Coba simak saran Michael Breus, PhD, berikut ini.

Jangan kebablasan di akhir pekan

Seringkali orang-orang yang merasa kekurangan tidur di hari kerja (Senin-Jumat) melakukan “balas dendam” begitu masuk ke akhir pekan. Meski mungkin tidak seharian, tetapi aktivitas berbaring di kasur berjam-jam tetaplah bukan jawaban terhadap masalah tidur yang Anda alami.

Apabila Anda mengalami insomnia di hari kerja, disarankan buat tidur lebih panjang dia akhir pekan tapi hanya satu hingga dua jam dari jadwal bangun sehari-hari. "Kalau Anda tidur lebih dari itu, akan mengacaukan jam tidur Anda pada hari-hari kerja, karena akibatnya Anda tidak akan bisa tidur cepat  pada Minggu malam," kata Carol Ash E., spesialis tidur di Monmouth County, New Jersey.

Ash menyarankan untuk tidur siang selama 20 menit pada jam 3 atau 4 sore, di hari libur Anda.

Meringkuk dengan dengan "si manis"

Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Chicago menemukan orang yang tidur sendirian cenderung terbangun di tengah malam. Dr Lisa Shives salah satu peneliti yang ikut serta dalam studi itu menyatakan kepada pasien yang tidur sendirian, pertimbangkanlah untuk memelihara seekor anjing.

Menurut Lisa Shieves, hewan peliharaan membantu banyak perempuan tertidur lelap. Tidak hanya kehadiran sang peliharaan, suara nafas mereka saat tertidur juga membantu untuk merasa nyaman, terutama bagi perempuan yang terbiasa tidur bersama pasangan.

Memutar cerita pengantar tidur

Bila saat di tengah malam Anda terbangun dan tidak dapat kembali tertidur, Breus merekomendasikan kiat berikut: Gunakan TV dengan timer tidur dan atur waktunya selama 20 menit saja.

Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu masalah tidur Anda di kala malam hari. Hanya saja satu hal lagi yang perlu diingat : jangan lupa berdoa sebelum tidur ya.

Selamat tidur dengan nyenyak !

Baca juga : 

Hati- hati, Mikir Kerjaan Saat Jam Tidur Bisa Bikin Insomnia Lho

Thread Forum JC : ati2 ma posisi tidur loe

Final Piala Eropa U-21 : Prediksi Spanyol vs Italia

Maafkan Aku Ketika Aku Mengeluh  

Sumber : kompas female / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami